Zaman Pra-sejarah dan Awal Peradaban
Propinsi
Jawa Barat memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Dimana menurut
data dan penelitian arkeologi, Tanah Sunda di awali pada masa
pra-sejarah dengan adanya kelompok masyarakat yang telah lama menetap di
Tanah Sunda sebelum tarikh masehi. Hal ini ditunjukkan melalui situs
purbakala di Ciampea (Bogor); Kelapa Dua (Jakarta);Dataran Tinggi
(Bandung) dan Cangkuang (Garut) dimana terdapat bukti bahwa
lokasi-lokasi tersebut telah ditempati oleh kelompok masyarakat yang
memiliki sitem kepercayaan, organisasi sosial, sitem mata pencaharian,
pola pemukiman dan lain sebagainya sebagaimana layaknya kehidupan
masyarakat manusia pada umumnya.

Zaman Mula Periode Sejarah Tanah Sunda
Era
sejarah di Tanah Sunda baru dimulai pada sekitar abad ke-5 seiring
ditemukannya artefak-artefak tertulis seperti beberapa prasasti yang
ditulis dengan menggunakan bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa. Beberapa
prasasti tersebut diketemukan di beberapa tempat yang saling berdekatan
lokasinya yaitu di daerah Bogor, Bekasi dan Pandeglang.
Dari
prasasti tersebut, ditemukan informasi bahwa pemilik prasasti tersebut
adalah Kerajaan Tarumanegara yang memiliki raja bernama Purnawarman dan
ibukotanya adalah Bekasi. Kerajaan ini bercorak Hindu dan memiliki
sistem kasta sebagai bentuk stratifikasi sosial dan hubungan antar
negara telah mulai terrwujud di Kerajaan Tarumanegara.
Pada
awal abad ke-8 Kerajaan Tarumanegara dilanjutkan dengan kerajaan Sunda
atau yang disebut dengan Kerajaan Pajajaran. Pusat kerajaan ini berada
di Bogor pada masa sekarang. Kerajaan Pajajaran mengalami pasang surut
hingga runtuh sekitar tahun 1579

Zaman Perubahan, Pergerakan dan Kemerdekaan
Periode
ini dimulai pada awal abad ke-17 dimana Belanda melalui Kongsi
dagangnya (VOC) mulai memasuki pantai utara pelabuhan Jayakarta dan
mulai dikenalnya Kerajaan Mataram (pada masa ini peradaban Islam mulai
masuk dan menyebar di Pulau Jawa yang dibawa oleh para pedagang asing
yang berdagang ke Jawa.
Pada
awal abad ke-19 kekuasaan VOC-Belanda semakin terasa di seluruh daerah
nusantara tidak terkecuali di Tanah Sunda sendiri. Sehingga dapat
dikatakan bahwa pada masa ini merupakan awal dari dimulainya kekuasaan
Kolonial Hindia Belanda. Pada era ini, masyarakat dan Tanah Sunda
dijadikan lahan eksploitasi tidak saja sumber daya alamnya yang kaya
juga sumber daya manusianya melalui tanam paksa dan kerja rodi.
Keberadaan
tanah Sunda dan potensinya membuat hasil ekploitasi tersebut menjadi
sangat menguntungkan bagi Penguasa Kolonial baik bagi para rakyat
Belanda di ndonesia maupun yang berada di Belanda itu sendiri. Hal ini
berbanding terbalik dengan keadaan masyarakat pribumi khsusunya di Jawa
Barat hidup didalam garis pederitaan serta banyak timbulnya kemiskinan.
Namun dibalik wajah pribumi Jawa Barat yang mengalami nasib seperti ini,
masih terdapat beberapa kecil golongan yang juga hidup berkelimpahan
yaitu orang-orang pribumi yang hidup dengan berkerjasama serta dekat
dengan penguasa Kolonial Belanda yang sering disebut dengan Kaum Menak.
Dibalik
kedua hal tersebut, juga menciptakan beberapa kelompok perlawanan yang
merasa tidak puas dan menggelorakan perlawanan terhadap penjajahan
kolonial. Pemimpin-peminpin masyarakat ini antara lain : Dipati Ukur di
Priangan (1628-1632), Sultan Ageng Tirtayasa dan Pangeran Purbaya di
Banten (1659-1683), Prawatasari di Priangan (1705-1708), Bagus Rangin
(1802-1818), Kyai Hassan Maulani di Kuningan (1842), Kyai Washid di
Banten (1888), Kyai Hasan Arif di Garut (1918).

Selepas
pendudukan Belanda datanglah Penjajah Jepang yang kala itu menggelar
Perang Asia Raya terhadap bangsa Barat tidak terkecuali di Indonesia.
Melalui kekuasaan Jepang, Belanda berhasil menyerah dan ditumbangkan di
Kalijati, Subang tanggal 8 Maret 1942 dengan tanpa syarat). Jepang
selain menjajah namun juga memberikan ilmu-ilmu strategi kepada rakyat
Indonesia melalui PETA sehingga menimbulkan keberanian bagi rakyat
pribumi Jawa Barat. Hal ini menjadi sebuah modal penting saat
kemerdekaan Indonesia dimana kesemuanya itu menjadi sebuah pertahanan
masyarakat Sunda dalam mempertahankan kemerdekaan dan tetap bersatu dan
menjadi bagian dari Republik Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar